Welcome to my blog.

mau cari yang lain?

popular post

Sabtu, 14 September 2013

Kenapa harus kuliah?

.

Pernah nggak sih kalian berpikir "kenapa kuliah? kenapa harus kuliah? Apa bagusnya sih kuliah?". Apa jawaban kalian ketika kalian ditanya mengenai hal tersebut? Apa alasan kalian? pasti kalian menjawab untuk mencari ilmu lah, untuk belajar lah, untuk menambah wawasan lah bla bla bla. Sebenarnya hal ini adalah suatu alasan klasik yang biasa dilontarkan oleh setiap mahasiswa baru ketika ditanya oleh dosen *saya juga sempat mikir begitu sih hehehe* namun, bukan hanya itu alasan kenapa kalian kuliah. Terus apa dong?

Semakin tahun, lulusan sarjana semakin banyak, namun ada saja yang masih menganggur. Sebenarnya ada apa disini? apakah ini salah pemerintah jika mereka tidak bekerja? ataukah ini salah mereka sendiri? Saya juga tidak mengerti, karena yang bisa menjawab ini semua adalah pribadi masing-masing mahasiswa. Apa yang mereka lakukan ketika kuliah? Sudahkah mereka melakukan hal terbaik selama masa perkuliahan? Jika memang sudah, bukti pencapaian apa yang bisa diberikan? lalu, bagaimana jika sudah bekerja? Apakah sudah merasa menang? tentu ketika sudah bekerja, beban kita juga akan semakin berat. Menghadapi orang-orang, karyawan, atasan, keluarga, dsb. Masalah tidak akan berhenti di situ saja. Masalah akan tetap ada, meski sekecil apapun.

Jika kita melihat fakta yang ada, banyak sarjana berpendidikan tinggi, memiliki intelektual yang tinggi, bekerja mapan, dsb. Akan tetapi? masih saja banyak manusia, saudara kita yang kekurangan. Jangan hanya melihat dari sisi pandang kalian, namun lihatlah belahan dunia lain. kekeringan masih menjadi momok, kelaparan, kekurangan gizi. Makanan masih menjadi barang mewah bagi mereka. Padahal semua tahu, semua melihat, tetapi mereka hanya diam. Dan diam tidak akan menyelesaikan masalah. lalu apa yang harus kita lakukan sebagai seorang mahasiswa? Apa tugas kita? Apakah kita hanya perlu berpendidikan saja?

Menurut saya, berpendidikan itu penting, bahkan sangat penting. Namun, jika hanya berpendidikan dan tak memiliki hati apa gunanya? Kita memiliki ilmu, tapi apa guna ilmu jika tidak kita manfaatkan untuk kepentingan orang lain juga? Apakah kita harus egois? Apakah kita harus memiliki ilmu itu sendiri? Tidakkah kita ingin menggunakan ilmu itu untuk sesuatu yang baik?
Ilmu itu sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang tidak akan rugi jika dibagikan. Sering kan kita mendengar "semakin kita membagikan ilmu, maka ilmu kita juga akan semakin bertambah". Itulah salah satu tugas kita.

Nah, sekarang marilah kita kembali menjawab pertanyaan utama. Mengapa harus kuliah? Tujuan utama kita kuliah tidak hanya untuk kepentingan sendiri. Di sini, kita menuntut ilmu tetapi bukan hanya ilmu yang diharapkan untuk didapat oleh setiap mahasiswa, akan tetapi kekuatan hati, kepedulian terhadap sesama, jiwa sosial yang tinggi dimana kita tidak akan melupakan sesama ketika kita sudah berada di atas, melebihi manusia yang lain. Jadi, marilah kita senantiasa, berlapang hati untuk membantu sesama :)

14 comments

100031 mengatakan...

Bagus min, tujuan yang mulia :)

Unknown mengatakan...

Kenapa harus kuliah? untuk membangun sesama dan negara hohoho

Unknown mengatakan...

keren sis, lanjutkan!

Unknown mengatakan...

bener kalo udah lulus kuliah gaboleh egois ya

admin mengatakan...

waa, makasi teman-teman. ayo dilanjutkan!! hahaha

Unknown mengatakan...

senengnya ada yang coment hahaha

electricalengineering mengatakan...

bagus sel,good job:)

Anonim mengatakan...

setuju sama "semakin kita membagikan ilmu, maka ilmu kita juga akan semakin bertambah"... itu sama dengan learning by teaching... nice post

Unknown mengatakan...

setuju.. ikhlas berbagi, rela memberi, mari membantu sesama :)

noviaz mengatakan...

Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya dan juga lingkungannya. Kelak ketika kita semua, mahasiswa SI telah menuai kesuksesan, amiiin, kita tak boleh lupa pada masyarakat dan juga negara kita sendiri. Saya mendapatkan banyak pelajaran penting dari postingan Selina :-) Keep posting!

Astrid Sherlyanita mengatakan...

Kenapa banyak orang yang tidak kuliah tapi lebih sukses dari orang yang berkuliah? Pada intinya, kuliah merupakan bagian dari ikhtiar, dan ikhtiar itu hukumnya wajib. Sehingga jika kita meraih sukses dari hasil usaha kita akan lebih terasa feelnya dibandingkan kesuksesan yang datang dengan sendirinya :)

dv.11 mengatakan...

ini uda sel , qw Dimas ini . mana nopemu

Unknown mengatakan...

kuliah penting untuk menambah ilmu dan menambah pengalaman. meskipun belum tentu tidak kuliah tidak mendapat ilmu. kuliah adalah pilihan, sebuah pilihan yang sangat tepat :)

mampir mampir komen blog ku yah :D
sarahputriramadhani.blogspot.com

Anonim mengatakan...

menurut aku budaya orang Indonesia kuliah itu selain mendapatkan ilmu,kebanyakan tujuan nya untuk mendapatkan posisi yg lbh baik ketika di dunia bekerja tp dlm tanda kurung kuliah nya beneran lo ya hahahaa, siippp blog nya ank SI haha, aku bakal kunjung trus kalo nge post2 motivasi tnpa disuruh loh ahahaha :P

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

 
SC Community

interpersonale

interpersonale